Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Hasil Olahraga Maksimal


Apa yang Anda konsumsi sebelum dan setelah olahraga bisa memberi dampak yang besar terhadap hasil latihan yang dijalankan. Mengonsumsi makanan yang tepat, bisa memaksimalkan hasil olahraga dan mempercepat pemulihan tubuh pasca olahraga. Makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi sebelum, saat dan setelah olahraga? Ahli nutrisi Cynthia Sass, M.P.H., R.D. memberi rekomendasinya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Sebelum Olahraga
Pilihlah makanan atau camilan yang mudah dicerna dan tidak akan membuat perut Anda kembung atau sakit. Jika makanan yang Anda santap tidak langsung tercerna sebelum atau saat olahraga, energi akan terperangkap dalam perut dan tidak bisa digunakan otot. Padahal, tubuh memerlukan banyak energi untuk bisa membakar lemak dan kalori dengan optimal saat olahraga. Makanan yang tidak tercerna bisa menyebabkan tubuh kram dan lesu.

Untuk itu, konsumsilah makanan yang rendah protein, lemak dan serta sebelum berolahraga. Protein, lemak dan serat merupakan substansi yang membuat Anda kenyang lebih lama. Tiga nutrisi ini baik bagi Anda yang duduk seharian di depan meja kantor, tapi tidak baik jika Anda akan melakukan aktivitas berintensitas tinggi. Makanan terbaik adalah semangkuk sereal gandum utuh (cornflake tanpa gula, rice crispy) dengan susu skim atau kedelai dan satu buah pisang berukuran kecil, satu jam sebelum olahraga.

Saat Olahraga
Sangat penting untuk mencukupi tubuh Anda dengan cairan baik itu sebelum, saat atau setelah olahraga. Jika Anda cenderung banyak berkeringat atau latihan lebih dari 60 menit, minumlah sports drink atau minuman isotonik untuk menjaga kadar air dan energi, juga menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat. Tapi bila Anda hanya berolahraga kurang dari satu jam, cukup konsumsi air putih saja.

Setelah Olahraga
Usai sesi olahraga, Anda harus menyempatkan untuk makan 'makanan pemulihan' dalam waktu 30 menit (setelah selesai olahraga) jika memungkinkan. Saat latihan, tubuh Anda menggunakan banyak nutrisi, dan makanan yang dikonsumsi harus mampu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang, yang diperlukan untuk perbaikan dan pemulihan.

Makanan yang dikonsumsi haruslah kaya akan protein (untuk pemulihan otot), karbohidrat kompleks (untuk mengembalikan cadangan karbohidrat pada jaringan otot), lemak sehat dan tentu saja, cairan. Anda bisa memakan masakan tumisan berisi ayam, udang atau edamame, nasi merah atau gandum utuh serta sayuran beraneka warna.

Semoga bermanfaat.

Writer : Hestianingsih - wolipop
Source : http://wolipop.detik.com/read/2012/02/17/093329/1844778/849/makanan-yang-harus-dikonsumsi-agar-hasil-olahraga-maksimal

0 komentar:

Posting Komentar